kotapadi

Komunitas Pecinta dan Peduli Flona

CARA PERAWATAN BURUNG PLECI KICAU PLECI

Cara pemeliharaan burung Pleci bisa di pelajari di Kotapadi. Makanan kesukaannya adalah pisang kepok, pepaya, apel, pir, tomat, talok, Duet, Jamblang, dan buah lainnya. Untuk hari2nya cukup berikan pisang kepok saja karena tidak gampang busuk dibanding buah lainnya. 1 pisang kepok biasanya habis 2hari, maklum burungnya kan kecil, jauh lebih kecil dari pisang yg dia makan.. Jadi menurut saya perawatan burung ini paling gampang dan santai, apalagi jika disediakan juga voer pakan dlm kandangnya. Cukup 2 hari sekali ganti pakan.

Tapi untuk Minumnya usahakan diganti setiap hari dan berikan tempat minum yang agak besar karena burung ini paling suka mandi dicepuk minumnya. Jadi pasti banyak air minumnya yang terbuang untuk mandi. Di dkt rumah saya ada pohon pepaya yang buahnya tdk pernah ada yg petik. Setiap ada buah yg matang pasti bolong2 deh diserbu pleci2 yg lewat. Jadi ketahuan deh kalau dialam itu gank pleci mmg suka buah pepaya. untuk makan hariannya saya biasa kasih pisang kepok karena lbh awet tdk gampang busuk, juga lebih praktis.

Kotorannya jg tidak bau, menggumpal mudah dibersihkan. Kalau pakan pepaya kotorannya encer berantakan kemana2. Supaya sehat seminggu sekali kasih juga buah lainnya bisa pepaya, apel/buah pir dia juga suka.

Setiap pagi pleci di mandikan dengan semprot sprayer halus saja/sekedar basah tidak sampai kuyup, karena pleci akan mandi sendiri di cepuk minum. Jadi ingat berikan cepuk minum yang agak besar supaya dia bisa berendam, kalau cepuk yg ukuran kecil seringkali dia terjepit nggak bisa keluar and akhirnya koit. Periksa makanannya, ganti minumnya.

Sekali2 beri kroto sedikiiit aja gak usah setiap hari, ulat kandang juga boleh sedikit aj. Soalnya di alam liarnya sy perhatikan ini burung juga doyan serangga kecil2. Bersihkan kandang. Setelah diangin2kan pleci dijemur sampai jam 10-11siang (tergantung cuaca). Usahakan tdk melihat pleci lainnya, kalau memang terpaksa/tempat terbatas jemur dgn jarak berjauhan maksimal. Pasti rame saut-sahutan. Kalau terlalu dekat jemurnya teriaknya biasanya tdk ngotot. Selesai jemur angin2kan ditempat teduh dulu trus krodong masukan ke rumah/tempat teduh.

Kalau banyak burung gacor dirumah pasti semua bakal direkam/ditiru. Kalau gak ada burung lain ya setel aja suara masteran burung. Dijamin sebentar sj di tiru2 deh suara masteran/burung lainnya. Sore biasanya jam 3 keluarkan burung semprot lg halus sj. Angin2kan lalu jemur lagi sampai jam 4-5 sore. http://kicauburungnusantara.blogspot.com Selesai jemur angin2kan sebentar tambah air minumnya trus krodong lagi.

*kalau burung pleci kacamata dipelihara dgn tujuan untuk dinikmati suaranya setelah mandi jemur dan dimasukan dlm rumah tidak perlu dikerodong. Malam biasanya suka mandi lagi dicepuk minum, setelah itu biasanya suka ngoceh2 lg semaunya.

One comment on “CARA PERAWATAN BURUNG PLECI KICAU PLECI

  1. Mr. Kotapadi
    28 April 2012

    Selamat datang di Kotapadi…silahkan tinggalkan komen yang bermutu🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on 28 April 2012 by in Tips.

Navigasi

%d blogger menyukai ini: